Warning: mysql_connect(): Headers and client library minor version mismatch. Headers:50537 Library:50643 in /home/porindo/public_html/config/sysconfig.php on line 11
Apa yang Snowden tulis dalam suratnya ke Angela Merkel

Apa yang Snowden tulis dalam suratnya ke Angela Merkel

Anggota Dewan Bundestag : Hans-Kristian Strobele (Partai Uni 90/Hijau) telah bertemu pada tanggal 1-November-2013 dengan para-wartawan. Dia menceritakan dengan rinci tentang perjalanannya ke Moskow, dimana pada 31, Oktober, melakukan pembicaraan 3 jam dengan ex-pegawai CIA, Edward Snowden. Pembicaraan berlangsung seperti suasana  pembicaraan-rahasia, dimana ia harus mematikan HP-nya. Mengenai hal2 isi perjumpaan tersebut, maka H.C.Strobele tidak siap menjelaskan rinciannya, bahkan kepada Kanselir Jerman-pun.-  Dia sebelumnya telah disumpah untuk menutup mulut.

H.C. Strobele adalah anggota Komisi ParlemenJerman, Komisi yang mengontrol kegiatan Dinas-Rahasia Republik Federasi Jerman.   Anggota Komisi itu 12 orang, yang punya ijin-tahu (Ijin untuk mengetahui ) ke rahasia-negara dan ijin-usul ( Ijin untuk mengajukan catatan tentang kebenaran). Minggu depan ini akan ada Rapat Luar Biasa Komisi tersebut, yang akan mendengar laporannya.
Dalam ucapannya didepan perwakilan2 Jaringan Massa Informasi, H.C.Strobele mengawali, bahwa  pertemuannya dengan Snowden disiapkan sejak lama, tetapi barulah sekarang ini: ada alasan objektiv yang tepat.

Snowden menegaskan, bahwa benar2 tahu banyak tentang segala hal mengenai pembuntutan  ANB di Jerman, termasuk pula dalam hubungan terhadap Angela Merkel, begitu kata Shtrobele -sampai kini-pun, sejauh pimpinan ANB masih Kit Alexander dan sejauh masih belum ada bukti bahwa operasi pembuntutan berskala besar itu dihentikan, Snowden siap untuk datang ke Berlin guna memberi keterangan dan pembuktian yang diperlukan.  Dalam hal ini Snowden menggaris-bawahi, bahwa ia bukanlah musuh Amerika, dan sesungguhnya, ia lebih bersedia bermimbar, bila itu dilakukan dihadapan anggota2 Parlemen Amerika. Selanjutnya anggota Komisi Jerman ini melanjuti :Masalah pokoknya adalah, bahwa apakah Snowden benar2 yakin akan jaminan keselamatan dirinya, yang Jerman mau adakan baginya. Sebelumnya, haruslah segala hal2  harus jelas dibicarakan. Kalau Jaminan dari pihak Jerman tidak meyakinkan-nya, maka pertemuan-penjelasan Snowden dapat dilakukan di Moskow.- begitu kata H.C. Strobele.

Anggota-parlemen inipun sedikit membuka tabir rahasia mengenai surat yang dibawanya atas permintaan Snowden, ke Berlin.  Surat itu dialamatkan ke Pemerintah, Parlemen dan Kejaksaan-Agung-Federasi-Jerman.  H.C. Strobele telah menyampaikan copy surat itu beberapa jam yang lalu.   Parlemen Jerman dan Kejaksaan-Agung Jerman menyatakan telah menerimanya, sedang pihak Kanseliran Jerman masih diam Agaknya,  Kanselir Jerman, Madame Merkel tak punya nomor telpon saya.- dia menduga - Dalam surat Snowden, yang juga ditanda-tangani H.C. Shtrobele, jelas tertulis tentang seberapa-luas skala pengupingan  ANB.   Dan ada pernyataan tertulis kesiapan Snowden untuk mengungkapkannya di Berlin kelak. Surat itu tidak harus di approve oleh siapapun, tidak oleh penguasa Amerika, tidak oleh penguasa Russia. Saya perlihatkan surat itu hanya ke Duta Besar Jerman di Moskow.- demikian kata2 lanjut si anggota parlemen ini.

Text  surat  Snowden  ( Terjemahan bebas )
 Kepada siapa saja yang berkepentingan.

Saya dimintai untuk menulis kepada Anda, karena Anda adalah orang yang paling terkena dan memperhatikan perihal Spionase secara massal di Jerman.
Saya  : Edward Josef  Snowden, mantan pegawai, yang dikontrak ataupun secara langsung sebagai Expert Bidang Tekhnis, oleh Badan Nasional Keamanan, dan oleh  Pusat Pengendalian Pengintaian dan oleh  Pengendalian Pengintaian dibawah Kementerian Pertahanan Amerika. Dalam menjalankan kedinasan saya di organisasi2 diatas, saya menyaksikan pelanggaran2 yang sistematis dilakukan oleh pemerintah saya, dan itu secara moral mendorong diri saya untuk bertindak.  Sebagai akibat dari pemberitaan ke umum perihal penyadapan, saya terus menerus mengalami penyembunyian, dan saya, kini, terpaksa berada jauh dari keluarga saya dan rumah.
Pada saat ini saya berada dalam pembuangan di Federasi Russia, yang memberi perlindungan sementara bagi saya,  sesuai hukum suaka internasional. Saya merasa lega akan reaksi-reaksi atas apa yang  secara politis  saya lakukan  -  di Amerika  dan  bukan hanya disana, diseluruh dunia, termasuk pula reaksi pejabat2 tinggi Amerika, yang berpendapat bahwa terbongkarnya sistem pemindaian, adalah suatu jasa tak ternilai bagi masyarakat.  Penyadapan ini, adalah sistem pemindaian yang menyeluruh, dan itu  tidak bertanggung-jawab. Sebagai akibat terbongkarnya spionase ini, syukur,  muncul sejumlah besar rancangan aturan-aturan dan program-program politik, dan semua dimaksud untuk melawan segala penyalah-gunaan akan kepercayaan masyarakat. Manfaat baik dari semakin tahunya orang2 mengenai fakta-fakta ini,  adalah bahwa kekhawatiran mulai menurun.
Walaupun jelas tampak, bahwa hasil dari  ikhtiar2 saya diakui  orang2 didunia dengan perasaan positif,  tapi penguasa negeri saya tetap berpendapat, bahwa saya adalah penghianat, dan tetap menuntut agar, terhadap apa yang telah saya perbuat, tuntutan  pidana telah menunggui saya. Tetapi bagi saya berbicara dengan benar-jujur itu bukan kejahatan.  Saya yakin, bahwa dengan dukungan masyarakat internasional, maka penguasa Amerika bakal menghentikan sikap yang fatal ini.  Saya mengharapkan, ketika suatu saat kesulitan2 ini teratasi, saya bisa menekuni penemuan fakta2 yang berkaitan dengan informasi Jaringan Messa Informasi, dan khususnya inti kebenaran dan keaslian dokumen2  sesuai dengan kaidah hukum. Saya menunggu dengan harap-cemas, saat untuk dapat berbincang-bincang dengan Anda di negeri Anda, pada saat situasinya terselesaikan kelak. Saya  menghaturkan terima kasih kepada Anda  atas  ikhtiar Anda dalam mendukung hak-hak internasional, yang melindungi kita bersama.

Snowden.