Salah satu makhluk bertulang-punggung bumi terkecil yakni Cecurut-Upil

Inilah binatang menyusui yang terkecil di bumi. Memang,ia diketahui ada sejak 40 tahun yang lalu. Ia adalah Cecurut Upil. Tentu ia juga tergolong Binatang Ngerong (menggali sarang dibawah tanah). Sampai kini belum ada binatang-menyusui lebih kecil dari (Suncus etruscus) ini yang ditemukan.  
180  tahun  yang  lalu, ketika tulang Cecurut ini ditemukan di sarang burung-hantu, oleh peneliti Italia, maka cukup lama para ahli berpendapat ,bahwa berat-badan binatang-menyusui pasti diatas 2 gram. Mereka berpendapat kalau tidak begitu,binatang-menyusui apapun tak-mungkin bisa mencerna dan merubah zat makanan, jadi pasti tak mungkin ada yang dibawah 2 gram beratnya.
Pendapat itu berubah, setelah ditemukan Cecurut Upil ini di pulau Sardinia (Perancis) tahun 70-an abad lalu, oleh Aldehaide Horte dari Universitas Bonn (Jerman), dimana panjangnya antara 1,5 sampai 2 centimeter (lebih pendek dari kelingking). Untuk mempertahankan hidup Cecurut-Upil ini harus makan terus-menerus, sehari ia harus makan seberat 5 gram, yang artinya 2-3 kali berat badannya. Jantungnya-pun berdetak 1300 kali dalam semenit. Bayi Cecurut-Upil ini beratnya 0,2 gram.